tugas obsgyn


Nama  : Rifa Sa’yan Rahayu

NIM    : 04.10.2519

Kelas   : B/KP/V

Tugas Obsgyn Dosen : Galuh Kartika Sari,S.ST., MKes

1)   Dalam fertilitas terdapat beberapa istilah apa yang anda ketahui (jelaskan secara singkat)

  1. a.    Konsepsi
  2. b.   Nidasi/implantasi
  3. c.    Desisua

JAWABANNYA

  1. Konsepsi adalah merupakan awal dari kehamilan, dimana satu sel telur dibuahi oleh satu sperma. Peristiwa konsepsi terjadi di ampula tuba. Pada hari ke 11-14 terjadi ovulasi dari siklus menstruasi normal. Ovulasi adalah peristiwa matangnya sel telur sehingga siap untuk dibuahi. Pada saat coitus, 3-5 cc semen yang ditumpahkan ke dalam forniks posterior, dengan jumlah spermatozoon sekitar 200-500 juta. Gerakan sperma dari serviks terus melintasi uterus menuju tuba falopi. Jika tidak terjadi pembuahan, sel telur akan mengalami kemunduran (degenerasi) dan dibuang melalui vagina bersamaan dengan darah menstruasi. Jika terjadi pembuahan, maka sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan mengalami serangkaian pembelahan dan tumbuh menjadi bakal janin (embrio). Gerakan sperma di dalam rongga uterus dan tuba disebabkan oleh kontraksi otototot pada organ tersebut.
  2. Nidasi/Implantasi merupakan peristiwa masuknya atau tertanamnya hasil konsepsi ke dalam endometrium. Blastula dilindungi oleh simpai yang disebut trofoblas, yang mampu menghancurkan dan mencairkan jaringan. Sel telur yang telah dibuahi (ZIGOT) akan membelah diri membentuk Blastomer (bola padat yang terdiri atas sel-sel anakan yang lebih kecil). Pada hari ke-3 bola tersebut terdiri atas 16 sel blastomer (MORULA), pada hari ke-4 dalam rongga tersebut mulai terbentuk rongga (BLASTULA). Pada hari ke-4, blastula masuk kedalam endometrium pada hari ke-10 seluruh blastula (blastokista) sudah terbenam dalam endometrium dan dengan demikian Nidasi selesai.
  3. Desisua adalah bagian dari stratum fungsional endometrium yang mengalami perubahan-perubahan tertentu selama kehamilan. desidua adalah mukosa rahim pada kehamilan yang terbagi atas :
  • Desidua basalis yang terletak diantara hasil konsepsi dan dinding rahim disinilah plasentasi dibentuk
  • Desidua kapsularis yang meliputi hasil konsepsi kearah rongga rahim yang lama-kelamaan bersatu dengan desidua vera karena obliterasi
  • Desidua vera (parietalis) yang meliputi lapisan dalam dinding rahim yang lainnya

2)   Jelaskan secara singkat tentang struktur tali pusat dan plasenta?

JAWABANNYA

a.    Struktur Tali Pusat

Tali pusat terdapat antara pusat janin dan permukaan fetal plasenta. Warnanya dari luar putih dan merupakan tali yang berpilin. Panjangnya ± 55 cm (30 – 100 cm) dan diameter 1 – 1,5 cm. Pembuluh-pembuluh darahnya biasanya lebih panjang dari tali pusatnya sendiri sehingga pembuluh berkelok-kelok. Kadang-kadang menimbulkan tonjolan pada permukaan tali pusat dan diberi nama simpul palsu. Insersi/letak tali pusat ke plasenta :

  • Tengah : insertio sentralis
  • Sedikit ke samping: insertio paracentralis
  • Samping : insertio lateralis
  • Pinggir : insertio marginalis
  • Di luar plasenta/di selaput janin : insertio velamentosa

b. Struktur Plasenta

Placenta berbentuk bundar/hampir bundar : diameter 15-20cm & tebal ±2,5cm, berat rata-rata 500gr. Umumnya placenta terbentuk lengkap pada kehamilan < 16 mgg dengan ruang amnion telah mengisi seluruh kavum uteri. Letak placenta umumnya di depan/di belakang dinding uterus, agak ke atas kearah fundus uteri. Karena alasan fisiologis, permukaan bagian atas korpus uteri lebih luas, sehingga lebih banyak tempat untuk berimplementasi. Jika diteliti benar, maka placenta sebenarnya berasal dari sebagian besar dari bagian janin, yaitu villi koriales/jonjot chorion & sebagian kecil dari bagian ibu yang berasal dari desidua basalis.

3)   Jelaskan secara singkat tentang fungsi placenta, tali pusat dan amnion?

JAWABANNYA

a.    Fungsi Placenta adalah:

  • Sebagai alat yang memberi makanan pada janin (nutritif).
  • Sebagai alat yang mengeluarkan metabolisme (ekskresi).
  • Sebagai alat yang memberi zat asam, dan mengeluarkan zat CO2 (respirasi)
  • Endokrin : menghasilkan hormon-hormon : hCG, HPL, estrogen,progesteron, dan sebagainya (cari / baca sendiri).
  • Imunologi : menyalurkan berbagai komponen antibodi ke janin
  • Farmakologi : menyalurkan obat-obatan yang mungkin diperlukan janin, yang diberikan melalui ibu.
  • Proteksi : barrier terhadap infeksi bakteri dan virus, zat-zat toksik (tetapi akhir2 ini diragukan, karena pada kenyataanya janin sangat mudah terpapar infeksi/ intoksikasi yang dialami ibunya)
  • b.   Fungsi Tali Pusat adalah:
  • · Sebagai saluran yang menghubungkan antara plasenta dan bagian tubuh janin sehingga janin mendapat asupan oksigen, makanan dan antibodi dari ibu yang sebelumnya diterima terlebih dahulu oleh plasenta melalui vena umbilicalis.
    • Saluran pertukaran bahan-bahan kumuh seperti urea dan gas karbon dioksida yang akan meresap keluar melalui arteri umbilicalis.
  1. c.    Fungsi Cairan Amnion adalah:
  •   Melindungi janin trauma dari luar
  •   Memungkinkan janin bergerak dengan bebas
  •   Menstabilkan suhu tubuh janin
  •   Meratakan tekanan dalam uterus pada saat partus sehingga serviks membuka
  •   Membersihkan jalan lahir bila ketuban yang pecah dengan cairan yang steril dan mempengaruhi keadaan di dalam vagina, bayi kurang mengalami infeksi.

4)   Jelaskan secara singkat tentang pertumbuhan janin pada minggu ke-4.8.12.16,20,24,28,32,38?

JAWABANNYA

  1. a.        Pada minggu ke-4 :

Bayi berbentuk embrio. Embrio memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin – HCG), sehingga apabila kita melakukan test kehamilan, hasilnya positif. Janin mulai membentuk struktur manusia. Saat ini telah terjadi pembentukan otak dan tulang belakang serta jantung dan aorta (urat besar yang membawa darah ke jantung).

  1. b.        Pada minggu ke-8

Panjang kira-kira 14-20 mm. Banyak perubahan yang terjadi pada bayi. Jika kita bisa melihat , ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang, begitu pula telinga. Brochi, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan, mulai bercabang. Lengan semakin membesar dan ia memiliki siku. Semua ini terjadi hanya dalam 6 minggu setelah pembuahan. bayi sudah mulai terbentuk diantaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada dibawah membran kulit yang tipis. Anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun belum sempurna.

  1. c.         Pada minggu ke-12

Bentuk wajah bayi lengkap, ada dagu dan hidung kecil. Jari-jari tangan dan kaki yang mungil terpisah penuh. Usus bayi telah berada di dalam rongga perut. Akibat meningkatnya volume darah ibu, detak jantung janin bisa jadi meningkat. Panjangnya sekitar 63 mm dan beratnya 14 gram. Mulai proses penyempurnaan seluruh organ tubuh. Bayi membesar beberapa millimeter setiap hari. Jari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata.

  1. d.        Pada minggu ke-16

Bayi telah terbentuk sepenuhnya dan membutuhkan nutrisi melalui plasenta. Bayi telah mempunyai tulang yang kuat dan mulai bisa mendengar suara. Dalam proses pembentukan ini system peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Janin mulai bergerak. Tetapi tak perlu kuatir jika kita tak merasakannya. Semakin banyak kalsium yang disimpan dalam tulang bayi seiring dengan perkembangan kerangka. Bayi Anda berukuran 116 mm dan beratnya 80 gram.

  1. e.         Pada minggu ke-20

Setengah perjalanan telah dilalui. Kini, beratnya mencapai 260 gram dan panjangnya 14-16 cm. Dibawah lapisan vernix, kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epidermis dan subcutaneous. kuku tumbuh pada minggu ini. Proses penyempurnaan paru-paru dan system pernafasan. Pigmen kulit mulai terlihat

  1. f.         Pada minggu ke-24

Paru-paru mulai mengambil oksigen meski bayi masih menerima oksigen dari plasenta. Untuk persiapan hidup di luar rahim, paru-paru bayi mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara tetap mengembang. Kulit bayi mulai menebal.

  1. g.        Pada minggu ke-28

Minggu ini beratnya 1100 gram dan panjangnya 25 cm. Otak bayi semakin berkembang dan meluas. Lapisan lemak pun semakin berkembang dan rambutnya terus tumbuh. Lemak dalam badan mulai bertambah. Walaupun gerakan bayi sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai bisa berkedip bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup.

  1. h.        Pada minggu ke-32  

Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna, begitu pula dengan bulu mata, alis dan rambut di kepala bayi yang semakin jelas. Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai rontok tetapi sebagian masih ada di bahu dan punggung saat dilahirkan. Dengan berat 1800 gram dan panjang 29 cm, kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim sudah lebih baik apabila di dilahirkan pada minggu ini. Kulit bayi semakin merah, kelopak matanya juga telah terbuka dan system pendengaran telah terbentuk dengan sempurna. Kuku dari jari mungil tangan dan kaki si kecil sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang. Bayi sudah mulai bisa bermimpi.

  1. i.          Pada minggu ke-38

Minggu ke-38 hingga minggu ke-40 : Proses pembentukan telah berakhir dan bayi siasiap dilahirkan siap dilahirkan.

2 thoughts on “tugas obsgyn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s