Anatomi Alat Reproduksi


Nama Kelompok : Kelompok 10B-12B

Kelas                     : B/KP/V

Tugas                     : Resume Praktikum Obsgyn

ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN WANITA

Organ Reproduksi Pria

  1. Testis

Merupakan kelenjar reproduksi pria tempat spermatozoa dan hormon pria dibentuk. Testis ini terletak menggantung pada urat-urat spermatic di dalam skrotum. Sepasang kelenjar yang masing-masing sebesar telur ayam tersimpan di dalam stratum masing-masing di tunika albugenia testis. Di belakang testis, selaput ini agar menetes sehingga membentuk suatu bagian yang disebut mediastinum testis.

Fungsi testis terdiri dari :

  1. Membentuk gawet-gawet baru yang spermatozoa dilakukan di tubulus seminiferus.
  2. Menghasilkan hormon testoteron, dilakukan oleh sel interstisial.
  3. Untuk memproduksi testoteron yaitu hormon yang mengendalikan sifat-sifat sekunder kejantanan.
  4. Untuk memproduksi spermatozoa

b.   Epididimis

Epididimis merupakan pipa halus yang berkelok-kelok masing-masing panjang 6 meter, yang menghubungkan testis dengan vbas deferens.

Fungsi dari epididimis adalah :

Sebagai saluran penghantar testis, mengatur sperma sebelum di ejabulasi dan memproduksi semen.

c.   Duktus Deferens

Merupakan kelanjutan dari epididimis ke kanalis inguinalis, yang berjalan masuk ke dalam rongga perut terus ke kandung kemih di belakang kandung kemih akhirnya bergantung dengan saluran vesika semiminalis dan selanjutnya membentuk ejakulatorius dan bermuara di prostate, panjang duktus deferens 5040 cm berjalan bersama pembuluh pembuluh darah dan saraf dalam funikulus spermatikus melalui kanalis inguinalis memanjang pada bagian akhir terbentuk kumparan disebut ampula duktus deferentis, terletak dalam asteum vesika.

d.    Vesikula Seminalis

Vesikula seminalis adalah dua buah kelenjar tubular yang terletak di kanan dan dikiri, belakang leher kandung kencing (vesika urinaria) yang berbentuk seperti pyramid, panjang kelenjar ini 5-10 cm merupakan kelenjar sekresi menghasilkan zat mukoid yang mengandung fruktosa.

Fungsi vesikula seminalis adalah :

  1. Menyekresi cairan basa yang mengandung nutrisi yang membentuk sebagian besar cairan semen.
  2. Zat mukoid merupakan sumber energi spermatozoa.

e.  Duktus Ejakulatori

Duktus yang dibentuk oleh gabungan duktus vesikula seminalis dan duktus deferen duktus ini berawal di dasar prostate dan berakhir di utrikel prostatik di uretra.

f.   Penis

Terletak menggantung didepan skortum. Bagian ujung penis disebut glan penis, bagian tengah korpus penis dan pangkalnya disebut radik penis, gian penis tertutup oleh kulit korpus penis, kulip penutup ini disebut prepitium. Penis merupakan organ tubular yang sangat banyak disuplai oleh vena besar yang dapat diisi darah yang dapat menyebabkan organ ereksi.  Muskulus iskia kavernosus, muskulus erector penis, otot-otot ini menyebabkan erektil (ketegangan) pada waktu koitus persetubuhan.

g.    Prostat

Prostat mengelilingi uretra pria. Ukurannya seperti kostanye chestnut dan berisi uretra serta brutus ejakulaktorius. Sebagian prostate mengandung kelenjar glandular dan sebagian lagi otot infolunter dan menghasilkan secret yang disebut semen yang basa dan mendukung nutrisi sperma.

Fungsi kelenjar prostas

Menambah cairan alkalis pada cairan seminalis, yang berguna untuk melindungi spermatozoa terhadap tekanan yang terdapat pada uretia dan vagina.

h.   Kelenjar Bulbo Uretra

Letaknya dibelakang lateral pais membranes uretia bentuknya bundar, kecil berwarna kuning dan panjangnya 2,5 cm.

i.   Skrotum

Merupakan kantong yang mengandung di dasar pelvis, di mana sepasang testis tersimpan di depan skrotum terletak penis, dibelakang skrotum terletak anus.

j.   Vas Deferens

Adalah sebuah saluran yang berjalan dari bagian bawah epididimis. Naik kebelakang testis, masuk ke tali maris (funikulus spermatikus) dan mencapai rongga abdomen melalui saluran inguinal dan akhirnya berjalan masuk ke dalam pelvis.

Organ Reproduksi Wanita

Organ genital eksterna wanita

  1. Mons pubis
  2. Labia mayora dan labia minora
  3. Klitoris
  4. Vestibula Vagina
  5. Kelenjar vestibular besar

Organ bagian Internal

  1. 1.      Vagina
  2. Cervix
  3. Uterus
  4. Tuba Fallopi (Tuba Uterina)
  5. Ovarium
  6. Ampula

Adalah daerah yang membesar dan merupakan tempat biasanya berlangsungnya fertilisasi panjang ampulla adalah 5 cm.

 

Tinggalkan komentar